Tips Memilih Desain Logo yang Baik dan Terbukti Efektif

Februari 05, 2019
desain logo

Kebutuhan akan logo kini tak hanya dari perusahaan besar saja, akan tetapi juga produk industri rumahan, event kampus, hingga blog pribadi sekalipun. Tak mengherankan karena logo menjadi identitas. Produk, brand, ataupun website akan lebih mudah dikenali hanya dengan melihat logonya. Desain logo bisa menjadi pembeda dengan kompetitor. Oleh karena itu, pembuatan logo tak boleh dilakukan secara asal-asalan dan harus melalui beberapa pertimbangan terlebih dahulu.

Tips Memilih Desain Logo

Untuk membantu anda mendapatkan logo yang tepat, ada baiknya anda simak beberapa tips yang kami bagikan berikut ini.

Tidak Berdasarkan Trend

Desain logo yang baik tidaklah berdasarkan trend semata. Hal ini dikarenakan logo yang berdasarkan trend hanya akan bertahan saat trend tersebut sedang in saja. Ketika sudah berganti trend, maka logo tersebut akan terkesan ketinggalan zaman. Maka dari itu, pastikan anda membuat logo yang bisa bertahan selama mungkin sehingga tak harus melakukan desain ulang. Dengan anda mendesain ulang, maka anda sama saja telah mengatur ulang ingatan masyarakat terhadap produk anda.

Kesan yang Mendalam

Dalam membuat logo, pastikan anda memilih desain yang menampilkan kesan mendalam. Dalam hal ini, pastikan desain yang anda pilih sangat efektif sehingga mudah diingat. Langkah ini bisa dicapai dengan membuat logo yang di dalamnya mengandung pesan yang sesuai.

Tidak Terlalu Banyak Warna

Menerapkan terlalu banyak warna hanya akan menciptakan logo yang terkesan membingungkan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda membuat logo yang menggunakan warna pas, setidaknya tak lebih dari 4 warna. Akan tetapi jika anda memang ingin menerapkan banyak warna, anda bisa membuat kombinasi secara logis sehingga enak dipandang. Apabila memungkinkan, anda bisa menggunakan teori psikologi warna.

Kemudahan Aplikasi

Logo yang efektif seharusnya mampu menonjol di banyak media dan aplikasi. Selain efektif, logo juga harus fungsional. Mengenai alasan ini, logo harus didesain dengan format vektor. Hal ini untuk memastikan bahwa logo bisa diubah ukurannya dalam skala berapa pun itu. Tak hanya itu, logo juga harus bisa bekerja dengan format horizontal dan vertikal.

Pemilihan Font yang Tepat

Tak bisa dipungkiri bahwa font memiliki peranan penting dalam membuat logo. Setiap font membawa image tersendiri. Misalnya saja, font yang bergaya klasik lebih cenderung tampak mewah dan formal. Sedangkan untuk font yang berlekuk-lekuk lebih cenderung tampak playful dan informal. Saat membuat logo, pastikan anda memilih font yang sesuai dengan image yang ingin anda tampilkan.

Tepat Sasaran

Logo yang baik harus sesuai dengan tujuan anda dalam membuatnya. Logo seharusnya bisa menunjukkan tujuan yang ingin anda sampaikan. Misalnya saja, anda membuat logo untuk kebutuhan toko mainan anak-anak, maka pastikan anda menggunakan font dengan skema warna ceria atau kekanak-kanakan. Jangan sampai anda terapkan desain ini untuk kebutuhan hukum.

Tak Terlalu Abstrak

Logo juga difungsikan sebagai identitas sekaligus penyampai pesan. Saat orang tak melihat apapun dari logo yang anda buat, kecuali karena bentuknya yang unik, berarti logo anda gagal. Untuk itu, pastikan anda membuat logo yang tetap bisa menyampaikan image dan pesan yang anda inginkan. Lakukan tanpa harus menghilangkan keunikannya.

Tak Meniru Logo Lain

Logo yang original sangatlah penting supaya saat orang melihat logo anda, ia tak mengingat produk lain selain produk yang anda miliki. Selain menjadi pembeda dengan pesaing lain, desain logo yang original juga bisa menghindarkan diri anda dari cap plagiat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »