Cara Pemasangan Fitting yang Tepat Agar Tidak Bocor

Februari 16, 2019
Instalasi air merupakan hal yang cukup diperhatikan ketika akan melakukan pembangunan rumah termasuk juga pemasangan fitting. Kegiatan ini adalah hal yang lumrah mengingat instalasi air merupakan salah satu aspek yang cukup penting. 

fitting
Sumber Gambar : Merdeka[dot]com


Jika pemsangan tidak dilakukan dengan cara yang benar maka bukan hal yang mustahil jika akan menimbulkan permasalahan seperti adanya kerusakan maupun kebocoran. Jika masalah itu terjadi maka sudah pasti akan menyusahkan anda pada nantinya. Jika ada fitting yang mengalami masalah patah maka sebisa mungkin cepat perbaiki agar tidak membuat masalah yang lain. 

Tahap Pemasangan Fitting 

Berikut ini akan kami berikan tahapaan dalam pemasangan sambungan pipa agar anda bisa memiliki saluran air yang kuat dan tahan lama serta anti bocor. Simaklah tips-tipsnya dibawah ini :

1. Persiapkan alat

Sebelum melakukan pemasangan maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapakan semua peralatan yang akan dibutuhkan. Peralatan yang cukup sering diperlukan adalah ampelas, pipa air PVC, fitting , lem pipa dan juga tidak boleh ketinggalan kain bersih. 

2. Ampelas 

Ampelas dilakukan pada ujung pipa yang akan disambungkan, hal ini dilakukan untuk bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Selain itu pengampelasan juga bertujuan agar membuat ujung pompa menjadi lebih kasar dan kasar saat akan disambungkan. Namun ingat jika pipa yang akan disambungkan merupakan pipa kecil maka jangan terlalu lama di ampelas. 

3. Bersihkan 

Setelah dilakukan pengampelasan maka langkah selanjutnya sebelum pemasangan adalah melakukan pembersihan. Pastikan bahwa bagian pipa yang diampelas telah bersih dari sisa-sisa debu bekas pengampelasan. Lakukan pembersihan dengan menggunakan kain yang bersih ya. 

4. Lem 

Pada pemasangan fitting secara umum pada pipa PVC memang menggunakan lem, untuk itu pilihlah lem yang berkualitas yang baik agar bisa menempel dengan sempurna. Untuk menyambungkan pipanya maka berikan lem pada kedua ujung pipanya. Kemudian rekatkan kedua pipa tersebut sambil ditekan agar bisa menempel dengan tepat. Pastikan juga bahwa sambungan pipa bisa menempel dengan kuat agar tidak terjadi kebocoran.

Bagaimana cukup mudah bukan tahapan yang harus dilakukan dalam pemasangan instalasi air? Langkah lain yang tidak boleh terlewatkan sebelum melakukan pemasangan adalah pemilihan material yang berkualitas baik. Seperti yang ada pada produk keluaran rucika (https://www.rucika.co.id/produk/rucika/). Dengan penggunaan material yang berkualitas tentu bisa menjamin instalasi bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama dan aman untuk digunakan. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »