Cara Ampuh Mengatasi Bayi Cegukan

Desember 30, 2018
Kompas - Cegukan dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa, remaja, anak-anak, bahkan bayi sekalipun. Pada bayi, kondisi ini sering menyebabkan bayi merasa kurang nyaman dan akan menangis. Pada orang dewasa, cegukan telah  Cara mengatasi bayi cegukan bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Ibunda bisa mempraktekkan cara mengatasi bayi cegukan di rumah dengan mudah dan hasil yang cukup ampuh. Dengan mengatasi cegukan pada bayi, bayi akan merasa nyaman, orangtua pun tidak lagi khawatir terhadap buah hatinya yang sempat rewel karena cegukan.


Beberapa Cara Ampuh Mengatasi Bayi Cegukan

Mengatasi bayi cegukan bisa dilakukan oleh ibunda dengan beberapa cara berikut:

1    Mengatasi Bayi Cegukan: Memberikan ASI pada Bayi
 
Cara mengatasi bayi cegukan yang pertama adalah dengan memberikan ASI kepada sang bayi. Aktivitas menyusu pada ibu dapat membantu merelaksasi diafragma sang bayi. Ketika diafragma bayi telah berelaksasi, maka cegukan pada bayi akan segera hilang.
Setelah menyusui sang bayi, biarkan sang bayi bersendawa, sehingga angin yang ada di dalam perut bayi bisa keluar. Sebab, angin dalam perut sang bayi juga menjadi peyebab cegukan pada bayi.

     2.   Mengatasi Bayi Cegukan: Mengatur Posisi Bayi

Posisi bayi juga dapat mempengaruhi pengeluaran udara atau gas yang ada di dalam perut bayi. Setelah menyusui sang buah hati, atur posisi bayi agar tegak. Dengan memposisikan bayi menjadi lebih tegak, gas dalam perut sang bayi bisa mudah untuk keluar.
Memposisikan bayi menjadi tegak bisa dilakukan dengan menggendong sang buah hati. Sembari menggendong bayi, ibunda bisa menepuk badan bayi bagian belakang dengan lembut. Bayi juga bisa diposisikan tegak dengan cara dipangku.

     3.   Mengatasi Bayi Cegukan: Memberikan Sesuatu pada Bayi untuk Diisap

Cara ampuh untuk mengatasi bayi cegukan juga bisa dilakukan dengan memberikan sesuatu kepada bayi untuk diisap-isap. Ibunda bisa memberikan empeng, atau dot, sehingga bayi akan mengisap-isap benda tersebut.
Dengan mengisap-isap sesuatu, maka diafragma bayi akan terangsang untuk terelaksasi. Hal ini dapat membantu meneluarkan gas yang terjebak di dalam perut bayi. Jika bayi bisa bersendawa, maka cegukan pun akan segera hilang.

     4.   Mengatasi Bayi Cegukan: Menempatkan Bayi di Lingkungan yang Hangat

Salah satu penyebab bayi cegukan adalah karena adanya perubahan suhu lingkungan yang terjadi secara tiba-tiba. Lingkungan yang nyaman dan aman untuk bayi adalah dengan suhu yang hangat, tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas.

Maka, mengatasi bayi cegukan bisa dilakukan dengan menempatkan bayi di lingungan yang hangat. Bayi un akan merasa nyaman, dan cegukan menjadi hilang.

Cegukan yang terjadi pada bayi bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Yang perlu diperhatikan adalah ketika cegukan pada bayi tidak kunjung hilang dalam waktu yang cukup lama. Biasanya, cegukan pada bayi terjadi kurang lebih selama 10 menit.

Kondisi seperti itu harus segera mendapatkan perhatian oleh orangtua. Sebab, bayi yang cegukan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menjadi indikasi gastroesophageal reflux. Gangguan tersebut merupakan terjadinya aliran balik dari asam lambung menuju kerongkongan. Hal ini menyebabkan rasa mual dan seringkali menyebabkan cegukan yang tak kunjung hilang.

Beberapa cara mengatasi bayi cegukan tersebut cukup mudah untuk dilakukan oleh ibunda jika bayinya sedang cegukan dan menjadi rewel. Ibunda tidak perlu khawatir terhadap cegukan bayi, selama cegukan masih terjadi secara normal dan tidak ada gejala-gejala lain.




Artikel Terkait

Previous
Next Post »