4 Tips Membimbing Belajar Membaca Anak Untuk Pertama Kalinya

Desember 30, 2018
Kompas - Setiap anak memiliki kemampuan membaca yang tak sama. Ada anak yang sudah bisa mengeja ataupun mengenal semua huruf sejak usia 4 tahun, TK, hingga SD. Meski begitu, setiap anak memiliki peluang untuk bisa membaca dengan lancar sama besarnya. Sebelum memasuki usia sekolah, anak mulai belajar membaca untuk pertama kalinya di lingkungan keluarga. Untuk itu, sebagai orangtua yang baik, anda harus membantu belajar membaca anak secara tepat, efektif, dan menyenangkan.

Dalam memberikan bimbingan belajar membaca kepada anak, pastikan anda menerapkan metode yang sesuai dan bervariasi. Jangan sampai anak anda merasa bosan dalam belajar membaca. Hal ini dikarenakan kebosanan akan membuat anak merasa malas belajar membaca. Setiap harinya anda harus membantu proses belajar membaca dengan berganti-ganti metode pembelajaran yang asyik. Dijamin anak akan lebih tertarik dan ingin selalu belajar membaca setiap harinya.




Tips Membimbing Proses Belajar Membaca Anak

Supaya bimbingan belajar membaca yang anda ajarkan kepada anak bisa lebih mudah ditangkap, pastikan anda menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dan seru. Untuk membantu anda, berikut kami bagikan beberapa tips membimbing proses belajar membaca anak selengkapnya.

1. Jangan Memaksa Anak

Hal yang harus anda pahami, anda jangan sampai terkesan memaksa anak untuk membaca. Jangan paksa anak untuk membaca jika memang ia tak mau. Hal ini dikarenakan memaksa anak untuk membaca justru akan membuatnya kesulitan dan mengalami tekanan batin. Dengan begitu, perkembangan kemampuan psikologis yang dimiliki anak akan terhambat. Tumbuh kembang anak pun akan mengalami gangguan. Daripada anda memaksanya, alangkah baiknya anda memancing perhatian anak. Anda bisa kaitkan proses pembelajaran dengan hal yang disukai anak agar mau belajar membaca.

2. Membuat Buku Sendiri

Tips membimbing anak untuk belajar membaca lainnya ialah membuat buku sendiri. Tips yang satu ini sangat cocok untuk anda yang hobi menggambar. Anda bisa membuat komik sederhana untuk anak. Tema yang diusung pun bisa mencangkup kegiatan atau hobi anak anda. Misalnya saja, komik tentang anak yang bermain bola, jalan-jalan di taman, dan lain sebagainya. Biarkan anak melihat anda menggambar. Pastikan juga anak melihat anda tengah menulis cerita di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan ketertarikan terhadap membaca, menulis, sekaligus menggambar.

3. Berikan Buku Cerita Bergambar

Untuk membantu proses belajar anak dalam membaca, anda bisa manfaatkan buku cerita bergambar. Dijamin anak anda akan merasa lebih senang membaca. Tak bisa dipungkiri, buku cerita bergambar mampu membuat anak merasa lebih antusias untuk membaca. Secara perlahan, anak akan semakin mahir dalam belajar membaca. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi anda untuk memberikan buku cerita bergambar demi kelancaran membaca yang dilakukan anak.

4. Bermain Scrabble

Tips lainnya yang bisa anda lakukan untuk membantu proses belajar membaca sang buah hati ialah bermain scrabble. Scrabble itu sendiri adalah permainan yang dilakukan dengan menyusun kata. Dengan cara ini, anak anda bisa belajar sekaligus bermain. Hal ini dikarenakan permainan scrabble bisa anda manfaatkan untuk mempertajam kepintaran linguistik anak.

Perlu untuk anda ketahui, tips belajar membaca anak yang satu ini bisa membuat anak terhindar dari kebosanan. Tak bisa dipungkiri bahwa anak sangat suka bermain. Namun dalam masa bermain tersebut, anda bisa memasukkan unsur belajar di dalamnya. Bermain scrabble itu sendiri bisa membantu menambah kosakata yang dikuasai anak. Tak hanya itu, scrabble juga bisa meningkatkan kemampuan anak dalam membaca.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »