5 Manfaat Kuaci Untuk Kesehatan

November 21, 2018

Kompas - Bersantai bersama keluarga di rumah tidak akan lengkap jika tidak sembari menikmati camilan. Ya, camilan dipilih sebagai teman berbincang dan bersantai. Ada banyak pilihan camilan yang bisa dinikmati, salah satunya adalah kuaci. Tidak hanya memiliki rasa yang enak dan gurih, namun banyak sekali manfaat kuaci untuk kesehatan. Jadi tidak ada salahnya apabila kamu memilih kuaci sebagai camilan sehat harianmu.


Setiap hari kamu mengonsumsi makanan ini itu yang bisa saja tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu mulai sekarang coba perbaiki pola makan kamu ya. Selain lebih selektif memilih makanan berat, kamu juga perlu cermat memilih camilan. Banyak varian camilan yang rasanya enak namun belum tentu baik untuk kesehatan. Dan salah satu camilan yang disarankan adalah kuaci.

Kuaci adalah biji bunga matahari. Mulanya kuaci hanya ada di Meksiko dan Peru. Kuaci baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1700 an. Meski bentuk dan ukurannya sangatlah mungil, nyatanya banyak sekali yang menyukai rasa asin dan gurih dari kuaci ini. Lantas apa saja manfaat kuaci untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

     1.      Peremajaan kulit

Mempunyai kulit yang mulus, bersih dan sehat adalah keinginan setiap orang. Banyak cara dilakukan, mulai dari perawatan alami hingga mengandalkan obat-obatan kimia. Masih bagus jika mengandalkan bahan alami, lain halnya jika skin care yang digunakan adalah produk berbahan kimia yang tentu saja akan menimbulkan masalah di lain hari.

Beruntungnya ada camilan kuaci yang memiliki kandungan lemak esensial dan membantu meremajakan kulit. Selain itu, kuaci juga mengandung vitamin E. Lemak esensial yang dimiliki kuaci berperan memberikan stimulus agar terbentuk elastin dan kolagen. Ini membuat kulit menjadi lebih sehat dan kenyal.

      2.      Anti inflamasi

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, kuaci juga mengandung vitamin E. Vitamin E inilah yang bertugas sebagai antikoksidan. Apabila tubuh mampu menyerap vitamin E dengan baik, ini akan bermanfaat menangkal radikal bebas sehingga membantu mencegah adanya peradangan atau inflamasi.

     3.      Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan folat dan vitamin E pada kuaci dapat melancarkan oksigen dan peredaran darah. Hal ini dapat membuat kinerja jantung lebih optimal. Selain rutin melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan jantung, kamu dapat mengimbanginya dengan mengonsumsi kuaci sebagai camilan.

     4.      Memperbaiki suasana hati

Aktivitas harian yang padat terkadang cukup menjemukan. Alhasil tak jarang kamu akan ngedumel dan marah-marah tidak jelas. Jika biasanya kamu mengandalkan cokelat untuk mengatasi suasana hati yang tidak kondusif, kali ini kamu bisa memanfaatkan kuaci.

Kuaci mengandung magnesium sulfat yang berperan memperbaiki suasana hati. Jadi sebelum uring-uringanmu bertambah parah, coba deh langsung ngemil kuaci.

     5.      Menyehatkan rambut

Memiliki rambut yang sehat dan lebat adalah keinginan setiap orang. Apabila kamu pun demikian, kamu bisa mengonsumsi kuaci agar rambut lebih subur. Kuaci mengandung zinc dan vitamin yang membantu menyehatkan rambut. Zinc ini sangat bagus untuk mencegahnya adanya kerontokan rambut serta mampu merangsang kesuburan rambut.
Demikianlah 5 manfaat kuaci untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Menjaga kesehatan adalah kewajiban kita pada tubuh. Selain harus menjaga kesehatan dengan berolahraga, kamu juga perlu memastikan bahwa apa-apa yang dikonsumsi juga baik untuk tubuh. 

Oia, sekalipun jenis makanan atau camilan yang dikonsumsi tersebut termasuk makanan atau camilan sehat, tetap konsumsi sewajarnya ya. Sebab sebaik apa pun manfaatnya namun jika dikonsumsi berlebih juga akan menimbulkan efek buruk pada tubuh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »